Pages

Subscribe:

Labels

Kamis, 01 Desember 2011

CARA MENCATAK GOL

Tujuan akhir bermain futsal adalah mencetak gol lebih banyak ke gawang lawan. Mencetak gol adalah salah satu skill yang harus  dimiliki oleh pemain futsal selain memiliki kemampuan teknik menahan bola, memberi umpan, dan membawa bola. Kemampuan seseorang mencetak gol bisa didapat berdasarkan latihan rutin atau bakat naluri alami yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Cara menendang bola hampir sama dengan cara memberikan umpan. Kita dapat menggunakan bagian luar atau bagian dalam kaki tergantung situasi yang ada, dan futsalover harus melakukannya dengan akurat.
Dibawah ini adalah grafik cara mencetak gol dan keakuratannya :
Secara teori kita dapat membagi presentase area lapangan seringnya terciptanya gol :
Area Gol Tercipta.
Kita dapat membagi presentase area mana yang seringnya gol otu tercipta. Di depan mulut gawang adalah area yang dipenuhi oleh para pemain, besarnya presentase gol di depan mulut gawang adalah 37.2%. Sementara daerah sisi gawang baik sisi kanan kiri presentase golnya sangat kecil. Begitu juga area di depan gawang setelah area kiper atau diantara first penalty dan second penalty, besarnya kemungkinan gol tercipta dari area tersebut sekitar 29.4%. Semakin jauh dan mendekati garis tengah presentasenya semakin kecil untuk mencetak gol dari area tersebut.
Shooting Area
Area terbaik untuk melakukan shooting atau tembakan ke gawang berada di area antara area kiper/first penalty dengan second penalty. Akurasi tembakan menjadi gol berkisar antara 14.6% s/d 25.3%. Peluang terbaik adalah dari bagian tengah dibanding dari kedua sisi kiri dan kanan. Sementara tembakan dari area kiper kemungkinan rata-rata 11.6% baik dari tengah maupun sisi kiri dan kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar